Skip to content

Daftar Isi

38 Comments leave one →
  1. 18 July 2010 12:45 pm

    Saya menyukai blog ini dan ingin lebih banyak mengetahui

    • 18 July 2010 7:49 pm

      Alhamdulillah, semoga bermanfaat bagi antum dan semoga Allooh melimpahkan rahmat, hidayah, taufiq dan keistiqomahan bagi kita semua untuk menetapi dan menepati jalan-Nya yang lurus. Dan insyaa Allooh Blog ini masih akan dikembangkan terus.

  2. lucky permalink
    10 August 2010 10:39 am

    ustad, cara download kajian audionya gimana ya? ana belum nemu nih caranya, mohon dibantu ya ustad, syukron

    • 13 August 2010 10:27 pm

      Alhamdulillah Audio Ceramah “Bentuk Tasyabbuh” sudah Ustadz kirimkan melalui e-mail antum. Silakan antum mengechecknya. Semoga bermanfaat.

  3. Suryanto permalink
    25 November 2010 11:39 am

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Alhamdulillah, Allooh telah memberi pentunjuk kepada saya, yang selama ini saya cari untuk memperbaiki bacaan sholat sesuai hadist, dan pada Daftar Isi di blog sungguh banyak yang selama ini saya cari, semoga Allooh memberikan kesehatan dan dipermudah dalam setiap langkah untuk berdakwah kepada Ustadz Achmad Rofi’i Asy Syirbuni sekeluarga.
    Wassalamu’alikum.Wr.Wb.

    • 26 November 2010 6:58 am

      Wa ‘alaikumussalaam Warrohmatulloohi Wabarokaatuh, Alhamdulillah, semoga Allooh Subhaanahu Wa Ta’alaa menjadikannya sebagai ilmu yang bermanfaat bagi ana, antum, dan kaum muslimin pada umumnya.. Barrokalloohu fiika…

  4. suryanto permalink
    19 January 2011 10:56 am

    Assalamualaikum Ustadz, ana murid antum yang di Ciracas, jama’ah Masjid Al Fajar. Mohon kiranya ustadz dapat kirimi saya via email kajian audionya. Syukron .. Barokalloohu fiika.

    • 19 January 2011 3:33 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warrohmatulloohi Wabarokaatuh… Afwan jiddan… Pengiriman seluruh ceramah audio melalui email adalah sulit dilaksanakan, karena fasilitas email itu memiliki keterbatasan. Email hanya maksimum menampung kapasitas file sampai dengan 25 MB. Sementara file-file audio ceramah adalah memory-nya kebanyakan lebih besar dari 25 MB, bahkan ada yang mencapai 100 MB. Oleh karena itu, sebenarnya didalam Blog ini sudah disediakan fasilitas untuk “DOWNLOAD” pada setiap judul audio ceramahnya. Silakan antum “Download” file-file audio ceramah tersebut, melalui internet / warnet, lalu dapat antum copy ke CD Rom / DVD, untuk didengarkan dengan menggunakan CD atau DVD player.
      Barrokalloohu fiika…

  5. Sularso permalink
    12 December 2011 5:00 pm

    Saya bersyukur bisa menemukan blog ini. Sangat bermanfaat bagi saya dalam menambah wawasan tentang islam

  6. Agus .pml permalink
    7 January 2012 4:06 pm

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh,
    Baarokallahu fiik Ustadz,
    Alkhamdulillah ana bisa bertemu dengan blog ini, mudah-mudah ana bisa mengambil manfa’atnya. Oh ya mohon izin untuk Copas.
    Jazaakallah khair. Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

    • 7 January 2012 7:08 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja…. semoga menjadi ilmu yang bermanfaat…. Barokalloohu fiika

  7. arwani wahab permalink
    13 July 2012 10:58 pm

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.
    Apa kabar pak ustad Rofii? Semoga selalu diberi kesehatan oleh Allooh SWT.
    Saya mau bertanya ustad. Sepertinya di blog ini belum ada pembahasan mengenai tata cara (gerakan sholat) ya ustad? Yang saya baca baru ada bahasan tentang bacaan sholat dan dzikir & doa ba’da sholat saja.
    Karena yang saya perhatikan waktu sholat di masjid itu banyak sekali perbedaan dalam hal gerakan-gerakan sholat, dan ini menjadi pertanyaan saya, sudah benar atau belum gerakan sholat yang saya kerjakan selama ini.
    Diantaranya:
    1.Saat takbiratul ihrom ada yang telapak tangan sampai samping telinga, ada juga yang didepan dada(bahu), ada juga jaika wanita sedikit dirapatkan sedangkan laki-laki lebih dilebarkan.
    2.Saat akan bersujud ada yang tangan terlebih dahulu ke lantai lalu di seret ke depan sampai posisi telapak tangan sejajar dengan wajah, ada juga yang lutut terlebih dahulu baru kemudian tangan dan wajah menyentuh lantai,
    3.Saat tasyahud ada yang menggerakan jari telunjuk dari awal hinga akhir, ada yang hanya menunjukan jari telunjuk dari awal hingga akhir tanpa di gerakkan, ada juga yang mengacungkan jari saat mengucapkan La ilaaha ilallooh.
    4.Apa yang sebaiknya dilakukan makmum saat imam sedang membaca Al-Fatihah dan membaca Surat, apakah mengikuti bacaan Imam, hanya mendengarkan bacaan Imam, atau ada juga yang mengatakan mendengarkan bacaan Al-Fatihah Imam lalu Makmum membaca Al-Fatihah saat Imam membaca Surat.

    Dari pertanyaan 1-4 yang manakah yang lebih utama dikerjakan berdasarkan dalil yang shohih?
    Saya khawatir banyak kekeliruan dalam pelaksanaan solat, dan khawatir jika sholat yang saya kerjakan selama ini jadi sia-sia.

    5.Bagaimana hukumnya mengaji / belajar ilmu agama melalui internet Ustad? Karena katanya saat di akhirat nanti manusia akan ditanya siapa Nabimu, siapa Imam-mu, siapa Guru-mu. Lantas bagaimana menjawabnya jika saya belajarnya melalui internet. Apakah saya harus menjawab bahwa guru saya Ustad Achmad Rofii, sedangkan saya belajar melalui internet dan belum pernah bertemu pak Ustad Rofii secara lahiriah.
    Mohon jawabannya ustad..
    Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

    • 21 July 2012 10:58 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,

      1. Sebenarnya penjelasan tentang Gerakan Sholat sudah pernah Ustadz bahas pada kajian yang insya Allooh diadakannya di setiap Rabu malam (pkl. 20.00 – 22.00) di RADIO DAKTA 107 FM beberapa tahun yang lalu, sebelum Blog ini Ustadz buat. Akan tetapi karena dikala itu banyak pertanyaan dari Jama’ah berkaitan dengan Bacaan Sholat, maka untuk memudahkan mereka Ustadz pun kemudian memuatnya dalam Blog ustadzrofii.wordpress.com. Adapun tentang Tata Cara Sholat secara Gerakan memang belum dimuat di Blog, namun Ustadz sudah siapkan peragaan-peragaannya. Terimakasih atas masukan Anda, yang mana hal ini mengingatkan Ustadz untuk segera memuat materi tersebut kedalam Blog ini.

      2. Gerakan-Gerakan Sholat sementara silakan Anda lihat materi sederhana yang Ustadz kirimkan ke Anda melalui email Anda (arwaniwahab@gmail.com). Silakan anda check email anda. Adapun kajian Gerakan-Gerakan Sholat yang dilengkapi dengan dalil-dalilnya, insya Allooh perlu Ustadz siapkan terlebih dahulu materinya. Do’akan saja mudah-mudahan materi tersebut dapat segera dimuat dalam Blog ini.

      3. Tentang menggerakkan telunjuk, maka insya Allooh akan Ustadz bahas lebih lanjut dalam kajian Gerakan-Gerakan Sholat yang dilengkapi dengan dalil-dalilnya (yang insya Allooh sedang Ustadz persiapkan materinya). Namun yang sesuai dengan Sunnah adalah ketika seseorang memulai Tasyahhud (“Attahyaatullilaahi….” dstnya) maka pada saat itu pula orang tersebut mengangkat jari telunjuknya, sembari menggerak-gerakkan jari tersebut dengan gerakan ringan yang tidak mengganggu kekhusyu’an sholat kita sendiri maupun sholat orang lain disebelah kita. Atau agar lebih jelasnya, anda dapat melihat video youtube berikut ini:

      طريقة تحريك الأصبع في التشهد اتناء الصلاة (( ابو اسحاق الحوي)) (English Subtitles)

      Dan ini adalah nomor kode http URL video youtube tersebut (silakan antum copy):
      http://www.muslimvideo.com/tv/watch/5b2f86a4d4f1be47cb69/%D8%B7%D8%B1%D9%8A%D9%82%D8%A9-%D8%AA%D8%AD%D8%B1%D9%8A%D9%83-%D8%A7%D9%84%D8%A3%D8%B5%D8%A8%D8%B9-%D9%81%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D8%AA%D8%B4%D9%87%D8%AF-%D8%A7%D8%AA%D9%86%D8%A7%D8%A1-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9-%28%28-%D8%A7%D8%A8%D9%88-%D8%A7%D8%B3%D8%AD%D8%A7%D9%82-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D9%88%D9%8A%29%29-%28English-Subtitles%29

      4. Untuk Bacaan Al Fatihah, yang benar adalah: Mendengarkan bacaan Al-Fatihah Imam, lalu Makmum membaca Al-Fatihah disaat Imam membaca Surat.

      5. a) Belajar ilmu dien melalui internet diperbolehkan, selama bisa dipertanggungjawaban keotentikan terutama naskah-naskah Al Qur’an dan Haditsnya, juga naskah-naskah yang lainnya.
      b) Tidak ada dalil bahwa di kuburan akan ditanya: “Siapa Gurumu”. Yang akan ditanya adalah: Siapa Robb-mu? Siapa Rosuul-mu? Dan apa dien-mu?”

      Demikianlah… semoga Allooh Subhaanahu Wa Ta’aalaa menambah kegigihan anda dalam menuntut ilmu dien.. Barokalloohu fiik

      • Ummu Salman permalink
        9 November 2012 6:46 pm

        Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh,
        Ustadz, afwan, untuk jawaban nomor 4 di atas, bukankah kita diperintahkan untuk diam sesuai dengan hadits:
        وَإذا قَرَأَ فَأَنْصِتًوا
        kemudian bagaimana jika kita belum selesai membaca surat Al Fatihah tetapi imam sudah ruku, apakah sudah mendapat 1 roka’at atau harus menambah roka’at setelah imam salam? Jazaakalloh

  8. Ade Sohib permalink
    7 February 2013 6:17 pm

    Assalamu’alaikum, izin copas ustadz..

    • 7 February 2013 7:08 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiika

  9. 24 February 2013 2:23 pm

    Ustadz mohon jawab pertanyaan ummu Salman..karena perkara mengenai kapan dan bagaimana membaca al fatihah dalam shalat jama’ah saya masih kurang faham.. tolong sertakan juga dalilnya. Jazakallah sebelumnya

    • 9 March 2013 5:58 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,

      Sebelumnya mohon maaf apabila pertanyaan yang penting ini terlewatkan terjawab, akibat banyaknya pertanyaan yang masuk dan bertumpuk menanti jawaban… Namun demikian, semoga penjelasan berikut ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anti dan siapapun yang memerlukan penjelasan tentang perkara ini.

      Yang roojih (lebih kuat) dalam permasalahan ini adalah bahwa ma’mum membaca Al Fatihah ketika sholat berjamaa’ah dalam sholat-sholat jahriyyah (yang dijaharkan / dikeraskan suaranya) boleh pada waktu sebagaimana beberapa alternatif berikut ini:

      Berdasarkan Fatwa Lajnah Daa’imah no: 6914 bahwa:
      Ma’mum wajib membaca Al Fatihah sama saja apakah dia:
      a) membaca pada saat Imam membaca Al Fatihah dengan jahar,
      b) atau pada saat Imam membaca surat (sesudah Al Fatihah),
      c) atau pada saat Imam berhenti sejenak antara Al Fatihah dan surat (jika Imam melakukannya), dan dalam hal ini lapang.

      Adapun sebaiknya ma’mum membaca Al Fatihah pada saat Imam berhenti membaca antara Al Fatihah dan pembacaan surat, sebagai penggabungan dari sekian banyak dalil.”

      Yang demikian itu adalah telah difatwakan oleh Syaikh ‘Abdul Aziiz bin Baaz dan Syaikh Muhammad Shoolih Al ‘Utsaimiin رحمهما الله.

      Adapun dalil tentang hal tersebut:

      Dalam hadits Shohabat ‘Ubaadah bin Ash Shoomit رضي الله عنه, beliau berkata,

      فِى صَلاَةِ الْفَجْرِ فَقَرَأَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَثَقُلَتْ عَلَيْهِ الْقِرَاءَةُ فَلَمَّا فَرَغَ قَالَ لَعَلَّكُمْ تَقْرَءُونَ خَلْفَ إِمَامِكُمْ. قُلْنَا نَعَمْ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ لاَ تَفْعَلُوا إِلاَّ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فَإِنَّهُ لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِهَا

      Artinya:
      “Kami sholat bersama Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم pada waktu sholat Fajar, lalu Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم membaca sembari terasa berat yang dialami oleh Rosuul صلى الله عليه وسلم.
      Ketika selesai sholat, beliau صلى الله عليه وسلم bertanya, “Seakan kalian membaca dibelakang Imam kalian?
      Kami menjawab, “Benar ya Rosuul.”
      Kemudian Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم bersabda, “Jangan kalian lakukan, kecuali dengan pembacaan Al Fatihah. Sesungguhnya tidak ada sholat bagi yang tidak membacanya.”
      (Hadits Riwayat Imaam Abu Daawud no: 823 dan Al Imaam At Turmudzy no: 311, dan beliau mengatakan bahwa Hadits ‘Ubaadah رضي الله عنه ini adalah Hasan)

      Jelas dalam Hadits ini bahwa Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم mendengar Shohabat yang menjadi ma’mum dibelakangnya terdengar membaca sesuatu. Kemudian Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم berkomentar bahwa yang demikian itu tidak boleh, kecuali surat Al Fatihah.

      Demikian, semoga jelas adanya…. Barokalloohu fiiki.

  10. Ade Sohib permalink
    24 February 2013 11:41 pm

    Assalamu’alaiku ustadz, ana mohon izin untuk mengcopy-paste sebagian atau keseluruhan dari artikel-artikel antum untuk dishare. JazakAllah khairan.

    • 25 February 2013 7:16 am

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiika

  11. Rian permalink
    21 March 2013 3:42 pm

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh, ustadz mohon izin mengcopy – paste…
    JazakAllah khairan.

    • 21 March 2013 8:58 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiik

  12. 7 June 2013 9:28 am

    Barokallohu fikum ustadz, blognya bermanfaat.
    Kalo boleh, ana minta trik untuk bikin halaman “daftar isi” sama getget arsipnya ustadz… ehmm, sekalian biar pengunjungnya banyak ustadz, statistiknya keren banget, ana juga pengin. ^_^

    • 10 June 2013 10:15 pm

      “Daftar Isi” dapat antum buat di kolom “Halaman” yang ada pada “Dashboard”… Karena Blog ini dibuat dengan program gratisnya WordPress.com, maka mudah sekali ya akhi… Kita hanya memasukkan datanya saja… Adapun sistemnya telah diberikan oleh pihak WordPress… Semoga hal ini jelas bagi antum… Barokalloohu fiika

  13. thopik permalink
    9 July 2013 5:09 pm

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh, ustadz mohon izin mengcopy – paste…

    • 11 July 2013 12:11 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiik.

  14. yokay permalink
    16 July 2013 3:51 pm

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh, ustadz mohon izin mengcopy – paste…

    Yokay

    • 17 July 2013 9:30 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Silakan saja ya akhi… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiika.

  15. 7 August 2013 5:18 pm

    Barokallohu fiikum ya ust. Rofi’i sebelumnya….. Ustadz ana butuh ceramah idul fitri, sekiranya ustadz bisa, mohon diupload…. syukron

  16. 20 May 2014 1:31 pm

    Assalamualaikum.
    pak ustadz ini blog yang sangat bermanfaat, semoga terus eksis dan meningkat. mohon ijin copy paste pak. wassalamu’alaikum.

    • 20 May 2014 8:33 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh, Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiiki

  17. 26 July 2014 6:58 am

    Ustadz.. Barokallohu fiika.. atas ilmu dan nasehatnya, semoga berkah bagi kaum muslimin.. Aamiin

  18. 22 October 2014 11:40 am

    Sangat bermanfaat, makasih ustadzrofii…ijin copy dan memberitahu temenku….moga-moga bermanfaat….Aamiin

    • 22 October 2014 10:44 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh, Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiika

  19. 24 January 2015 12:47 pm

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh, ustadz mohon izin mengcopy dan dowbload file-file blognya.
    terimakasih

    • 25 January 2015 10:18 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh, Silakan saja… semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Barokalloohu fiika

  20. 6 June 2016 5:47 am

    Izin share yah Pak ustadz Rofi’i.
    Alhamdulillah dpt banyak ilmu shahih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: