Skip to content

Dikafirkan Tapi Tidak Kafir

25 May 2014

Istilah “Kaafir” sebenarnya istilah yang terdapat dalam Al Qur’an dan Hadits. Itu artinya bahwa istilah itu bukanlah baru, akan tetapi tidak kurang dari 14 abad lebih, istilah ini sudah ada dan sudah dipakai. Oleh karena itu, kaum Muslimin hendaknya tidak kaget, tidak anti, dan tidak alergi dengan istilah ini.

“Kaafir” pada kenyataannya ada 2 jenis, yaitu “Kaafir Asli” dan “Kaafir Murtad”. “Kaafir Asli” adalah kaafir yang memang tidak pernah dalam hidupnya mengimani dan berikrar 2 kalimat syahadat sebagai pertanda bahwa dia adalah menjadi seorang Muslim. Adapun “Kaafir Murtad”, maka kaafir jenis ini adalah kaafir yang disebabkan oleh keluarnya orang ini kepada hukum kaafir setelah dia menjadi Muslim sebelumnya; dikarenakan melakukan perkara yang menyebabkan dia murtad dari Al Islam dan telah diberi kesempatan bertaubat namun dia tetap memilih menjadi orang kaafir.

Kata “dikaafirkan” dalam bahasa Arab disebut “Takfiir”, artinya memanggil seseorang dengan kaafir, memvonis seseorang dengan kaafir. Takfiir ini adalah perkara yang sangat serius dalam Islam. Dia hanya sah vonisnya jika telah melalui proses yang prosedurnya adalah Syari’at Islam, bukan berasal dari semata-mata suatu kesepakatan atau kebencian atau antipati ataupun luapan emosi.

Ketika orang dikaafirkan, tidak kaafir; ini berarti ada hal yang harus dikaji. Mengingat kaafir mengkaafirkan adalah sesuatu yang akhir-akhir ini menggejala, sehingga perlu kiranya untuk diluruskan agar tidak terjebak dalam kesesatan seperti yang telah terjadi pada kaum khowarij.

Selamat menyimak !

Download:

Dikafirkan Tapi Tidak Kafir, Bagian-1

Dikafirkan Tapi Tidak Kafir, Bagian-2

Dikafirkan Tapi Tidak Kafir, Bagian-3

Dikafirkan Tapi Tidak Kafir, Bagian-4

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: