Skip to content

Tauhiid Nabi Ibrohim ‘Alaihissalam & Kaumnya

3 December 2013

Nabi Ibrohim عليه السلام tidaklah asing bagi kita, karena Nabi Ibrohim عليه السلام disebut pula sebagai “Bapak Para Nabi”.
Nabi Ibrohim عليه السلام adalah bapak dari Nabi Ishaq dan Nabi Ismail عليهما السلام, dimana Nabi Ismail عليه السلام adalah kakek yang kesekian dari Nabi Muhammad – Nabi kita صلى الله عليه وسلم.

Nabi Ibrohim عليه السلام dikenal berani, gigih, istiqoomah, termasuk pada saat menghadapi Namrud, raja yang dipertuhankan, raja yang bersama kaumnya menyembah patung-patung berhala yang tidak bisa memberi manfaat pada dirinya sendiri, apalagi memberi manfaat pada selain dirinya.

Nabi Ibrohim عليه السلام yang kita tahu dalam riwayat bahwa beliau عليه السلام dibakar dalam api yang panas karena ke-“ajeg”-annya dalam ber-TAUHIID. Dan setumpuk kisah-kisah pelajaran lainnya dari Nabi Ibrohim عليه السلام, bahkan Nabi dan Rosuul sebelumnya dan setelahnya yang bagi setiap Muslim menjadi panutan, menjadi contoh dan cerminan didalam ber-Islam.

Tidak dapat disangkal lagi bahwa kita hidup di akhir zaman, hidup yang jauh dari Sumber Islam Aslinya. Makkah dan Madinah beribu-ribu kilometer dari tempat kita. Rosuul dan Nabi kita Muhammad صلى الله عليه وسلم telah mendahului kita beribu tahun lamanya. Jangan dilupa pula bahwa Fitnah dihadapan kita menghadang, bisa jadi beribu pula jenisnya. Namun yang jelas, betapapun semua itu beribu bilangannya, tetap TAUHIID dalam diri kita harus menjadi penepis dan penolak beribu Fitnah itu.

Kita harus bercermin pada Tauhiid Nabi Ibrohim عليه السلام dan kaumnya. Sejauh mana karakter yang Allooh سبحانه وتعالى memerintahkan kita untuk mencontohnya itu telah ada dan mengakar dalam diri kita.

Simaklah audio Khutbah Jum’at berikut ini.

Download:

Tauhid Nabi Ibrohim ‘Alaihissalam & Kaumnya, Bagian-1

Tauhid Nabi Ibrohim ‘Alaihissalam & Kaumnya, Bagian-2

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: