Skip to content

Taubatan Nasuha & Dawamkan Amal

11 August 2013

Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم bersabda, “Setiap anak Adam memang banyak berbuat salah, akan tetapi sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah orang-orang yang bertaubat.”

Subhaanallooh !! Maha Suci Allooh سبحانه وتعالى. Sedemikian lapang kesempatan manusia untuk memperbaiki dan menghapus berbagai kesalahan dan dosanya.

Jika manusia sadar, berapa kali kah dia berbuat salah dan dosa terhadap dirinya, terhadap orang lain, terhadap hewan, terhadap alam, bahkan terhadap sang Pencipta dan Penguasa semesta alam, bahkan kesalahan pun ada yang besar dan ada yang kecil; maka bukankah sedemikian besar karunia Allooh سبحانه وتعالى yang dianugrahkan-Nya. Tetapi berapa banyak yang demikian itu diabaikan, dilupakan, tidak disyukuri; bahkan justru digunakan untuk mengerjakan apa-apa yang berupa ma’shiyat dan melawan terhadap sang Pemberi anugrah.

Oleh karena itu, semestinya manusia sadar bahwa betapa pun dia berbuat dosa, bukan saja di siang hari, bahkan di malam hari, tetapi Allooh سبحانه وتعالى senantiasa tetap membuka pintu ampunan-Nya, tak kenal tutup baik di siang maupun di malam hari.

Taubatan Nasuha adalah taubat yang dibuktikan bukan sekedar dengan kata-kata belaka, tetapai Taubatan Nasuha dapat diukur apakah pelakunya menyesali perbuatannya ataukah mengulanginya, apakah mengganti kejelekan dengan kebaikan ataukah tidak, apakah mengembalikan hak pada orang yang pernah dia aniaya ataukah sebaliknya; dan apakah ia kemudian selalu istiqomah dalam ketaatan pada Allooh سبحانه وتعالى ataukah tidak.

Ingat, Taubatan Nasuha bukanlah sembarang perintah Allooh سبحانه وتعالى, tetapi ia adalah peluang keberuntungan yang sangat kita butuhkan.

Simaklah Khutbah Jum’at yang satu ini.

Download:

Taubatan Nasuha & Dawamkan Amal, Bagian-1

Taubatan Nasuha & Dawamkan Amal, Bagian-2

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. 27 August 2013 8:12 pm

    Saya pendatang baru di blog ini, tetapi merasa tergugah untuk membaca lebih lanjut karena perbuatan perbuatan saya di masa lalu. Setelah membaca kajian ini saya akan mencoba memperbaiki diri, sekaligus minta izin untuk mengcopy kajian ini sebagai bacaan pribadi dan bekal untuk menjawab pertanyaan sesama muslim ( jika ada dari kerabat kerabat atau tetangga). Makasih sebelumnya.

    • 27 August 2013 9:55 pm

      Silakan saja ya akhi… Anda dapat mengcopy paste seluruh artikel dan mendownload seluruh audio ceramah yang ada pada Blog ini, serta menyebarluaskannya sebagai dakwah lillaahi ta’aalaa… Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… Dan semoga pula Allooh Subhaanahu Wa Ta’aalaa senantiasa memberi kita hidayah dan taufiq untuk berada diatas jalan-Nya yang lurus, serta istiqomah diatasnya hingga akhir hayat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: