Skip to content

Hakekat Makna Laa Ilaaha Illallooh

14 June 2013

Laa Ilaaha Illallooh” tidak asing pada mulut dan telinga kita. Berapa banyak orang yang mewiridkan “Laa Ilaaha Illallooh”, baik secara sirri (perlahan) maupun berteriak-teriak di speaker-speaker masjid dengan suara keras dan lantang.

“Laa Ilaaha Illallooh” bagi orang yang akan masuk menjadi seorang Muslim, karena sebelumnya dia kaafir lalu Allooh سبحانه وتعالى beri dia hidayah, maka gerbangnya adalah kalimat ini.

Yang menjadi pertanyaan adalah sejauh mana kalimat ini berdampak pada orang yang menyatakan dan mengucapkannya.

Zaman dahulu, ‘Abdullooh bin Ubay bin Saluul dengan fasihnya mengatakan kalimat ini dan dengan bangganya berada ditengah para Shohabat Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم, bahkan terkadang mendekat kepada Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم. Disisi lain, Abu Jahal bahkan Abu Tholib (paman Nabi صلى الله عليه وسلم sendiri), jika mereka mau dan Allooh سبحانه وتعالى beri hidayah maka niscaya mereka pun akan menjadi orang yang fasih dalam mengucapkan kalimat ini.

Pertanyaannya adalah: Kenapa mereka (Abu Jahal dan Abu Tholib dan semisalnya) enggan mengatakan kalimat ini? Kenapa seperti ‘Abdullooh bin Ubay bin Saluul tidak malu, ia mengaku dan mengatakan “Laa Ilaaha Illallooh” padahal ia tidak berbeda dengan Abu Jahal cs.
Apakah hakekat kalimat ini? Sehingga dengannya, seseorang patut meraih keutamaan dan janji besar dari Allooh سبحانه وتعالى, bukan saja di akherat, tetapi juga di dunia ini.

Selamat menyimak.

Download:

Hakekat Makna Laa Ilaaha Illallooh, Bagian-1

Hakekat Makna Laa Ilaaha Illallooh, Bagian-2

Hakekat Makna Laa Ilaaha Illallooh, Bagian-3

Hakekat Makna Laa Ilaaha Illallooh, Bagian-4

Advertisements
7 Comments leave one →
  1. ibnu permalink
    15 June 2013 3:18 am

    Assalaamu’alaikum ustad

    Kok sekarang ana gak bisa download ya? Gak bisa masuk laptop… Ana klik link diatas klu sekarang ana malah mendengarkan kajian secara online melaui 4shared tapi gak masuk laptop, tidak kaya dulu.. loading nunggu penuh dan masuk ke laptop, tapi sekarang hasilnya kaya gini http://dc673.4shared.com/img/3668772979/b8759e43/dlink__2Fdownload_2F2Ak84nKN_3Ftsid_3D20130614-115507-af5cd0c_26dsid_3De7q14.3a9a9b9650491e0ae0581ef3e8e16ba2/preview.mp3?sId=K5qFwneA152QWRNu. Mohon informasi bagaimana caranya..

    • 15 June 2013 7:48 pm

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Bisa jadi sedang gangguan sinyal ya akhi… Karena sekarang sedang musim hujan, seringkali sinyal dari servernya jelek… Untuk meng-upload datanya pun agak lama, karena sinyalnya seringkali jelek kalau cuaca sedang mendung…. Namun proses upload data audio suara yang dilakukan oleh Blog ini TIDAK ADA PERUBAHAN… Jadi semestinya sama dengan yang dulu… Kecuali kalau dari 4shared-nya ada perubahan sistem dari mereka, maka hal ini berada diluar kemampuan kami (Blog ini).

      Apabila antum mencobanya dan tetap tidak berhasil, bisakah antum informasikan alamat email antum? In syaa Allooh data audio suaranya akan kami coba kirimkan ke antum per email, kalau sekiranya antum kesulitan mendownloadnya.

      Demikian ya akhi, semoga jelas adanya… Barokalloohu fiika

  2. Rustandi permalink
    15 June 2013 9:41 pm

    Afwan ana juga sekarang sama merasa kesulitan untuk mendownload file audionya, kalau tidak keberatan mohon selalu kirim file audionya ke email ana: aburafii5@gmail.com semoga Allooh selalu menjaga antum dalam menyebarkan dakwah al haq ini. Jazakallooh Rustandi

    • 15 June 2013 10:01 pm

      Kami tidak bisa menjanjikan untuk SELALU mengirimkan setiap audio yang ada per email, karena email pun memiliki keterbatasan. Kemampuan email mengirim data maksimal hanya sampai 25 MB, sementara audio suara yang ada di Blog ini seringkali sampai diatas 100 MB… Namun untuk audio ceramah “Hakekat Makna Laa Ilaaha Illallooh” ini Alhamdulillah sudah dikirim ke email antum… Mudah-mudahan kedepannya sistem 4shared dapat kembali normal agar mudah untuk di-download oleh siapa saja… Barokalloohu fiika

  3. 5 August 2013 11:13 pm

    Assalamu’alaikum Ustadz…
    Ana minta tolong link untuk audio yang ke-3 tidak bisa di-download
    Ana khawatir pembelajaran yang ana terima secara tidak langsung ini menjadi terhambat, karena kehilangan sebagian isi materi.

    Mohon link tersebut diperbaiki dan mohon pula untuk mengirimkan informasi tersebut ke oktorama.yudi@gmail.com

    Salam ukhuwah, semoga menjadi amal shalih yang berlimpah dan membentuk kaum muslimin menjadi kaum yang taat kepada Alloh dan taat kepada Rasul-Nya, sebagai sebab perpanjangan lidah dalam memberikan pembelajaran terhadap ummat Islam.

    Afwan ustadz, ana minta izin untuk mengambil banyak materi dari blog ini sebagai penambah khasanah ilmu dan amalan untuk lebih bertaqarrub ilalloh.

    Jazakallohu khairan katsiiron.

    • 6 August 2013 7:31 am

      Wa ‘alaikumussalaam Warohmatulloohi Wabarokaatuh,
      Alhamdulillah link audio ke-3 nya telah diperbaiki, in-syaa Allooh sudah bisa antum dengarkan ataupun download… Syukron wa jazaakallooh khoiron katsiiro ya akhi atas informasi antum tentang hal ini, dan apabila antum menemui ada audio-audio lainnya lagi yang link-nya bermasalah mohon beritahu kami agar dapat segera diperbaiki.

      Silakan ya akhi… Antum dapat mengcopy-paste seluruh artikel ataupun mendownload seluruh audio ceramah yang ada pada Blog ini, serta menyebarluaskannya sebagai dakwah lillaahi ta’aalaa… Mudah-mudahan Allooh Subhaanahu Wa Ta’aalaa menjadikannya sebagai ilmu yang bermanfaat bagi ana, keluarga, antum, kaum Muslimin serta siapa pun juga…. Barokalloohu fiika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: