Skip to content

Dampak Sholat

10 March 2013

Sholat sebagaimana yang kita ketahui adalah amalan manusia yang akan pertama kali dihisab oleh Allooh سبحانه وتعالى pada Hari Kiamat. Sholat juga merupakan indikator tegak dan runtuhnya Islam seseorang. Namun demikian, semestinya bukan hanya itu yang harus seorang Muslim sikapi terhadap kewajiban Sholat ini. Tetapi apa dampak dari Sholat yang dia lakukan minimal 5 kali sehari semalam itu bagi kehidupan saat ini di dunia dan bagi keberuntungan di Hari Akhirat kelak. Sebagaimana pula apa dampaknya terhadap perbaikan kepribadian, kedewasaan sosial dan interaksi antara dia dengan alam sekitarnya.

Tentu ketika Allooh سبحانه وتعالى memerintakan manusia untuk Sholat, pastilah banyak pelajaran yang harus dipetik oleh manusia, jika manusia mau untuk merenungkan dan menghayatinya. Sebab sebagai suatu contoh, kaitan Sholat antara manusia dan Allooh سبحانه وتعالى adalah bahwa manusia dididik, dibiasakan oleh Allooh سبحانه وتعالى untuk supaya dia terbiasa untuk tunduk dan patuh kepada perintah Allooh سبحانه وتعالى, bahkan mengingat Allooh سبحانه وتعالى.

Sedangkan kaitan Sholat dengan kehidupan pribadinya adalah bahwa Sholat itu bentuk pengaduan dan pengajuan seorang hamba terhadap Allooh سبحانه وتعالى atas kebutuhannya yang sangat banyak di dunia ini. Bahkan Sholat membentuk kepribadian antara dia dengan alam sekitarnya. Sholat itu mendidik manusia supaya biasa peduli, supaya manusia mempunyai jiwa solidaritas dengan sesamanya, dan agar manusia menegakkan amar ma’ruf dan nahi mungkar.

Singkat kata, orang yang Sholat akan tetapi tidak ada dampak dalam kehidupannya, berarti Sholat-nya mandul. Harus dikoreksi dan diperbaiki.

Simaklah audio khutbah Jum’at berikut ini.

Download:

Dampak Sholat, Bagian-1

Dampak Sholat, Bagian-2

Advertisements
One Comment leave one →
  1. 5 April 2013 5:28 am

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
    Ustadz, mau nanya nih.. apakah sholat yang kurang tuma’ninah itu masih ada nilai ibadahnya / pahala di sisi Allah SWT..??
    Mohon penjelasannya ustadz..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: