Skip to content

Fitnah Tasyabbuh

21 January 2013

Tasyabbuh adalah perilaku seseorang / sekelompok orang yang menyerupai seseorang / sekelompok orang lainnya, baik itu orang kaafir / orang musyrik / orang faasiq; yang dalam hal ini adalah menyalahi tata nilai Syari’at.

Tasyabbuh terjadi karena orang yang menyerupai itu pada hakekatnya jauh lebih rendah, lemah dan tertinggal jika dibandingkan dengan orang yang diserupainya.
Tasyabbuh sesungguhnya merupakan penyakit. Ia adalah penyakit krisis idealisme, krisis kepribadian, krisis jati diri; karena orang yang menyerupai itu lupa / tidak tahu / merasa rendah jika menampakkan jati diri yang sebenarnya. Oleh karenanya ia lebih cenderung merasa simpati, mengikuti, bahkan bangga terhadap pihak yang diserupainya; dan lebih parah lagi adalah bisa berbalik membenci jati dirinya sendiri.

Dengan demikian, sudah saatnya semestinya Tasyabbuh dibahas tuntas secara serius. Melalui audio khutbah Jum’at berikut ini, anda akan mendapatkan secercah pemahaman tentang perkara tersebut. Selamat menyimak.

Download:

Fitnah Tasyabbuh, Bagian-1

Fitnah Tasyabbuh, Bagian-2

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. 29 January 2013 11:52 pm

    Allhamdulillah semenjak saya mengikuti kajian-kajian ustad, baik itu dari radio atau pun secara langsung ikut kajian di Al-Itishom, pengetahuan saya sedikit bertambah.. syukran ustad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: