Skip to content

Mendidik Keluarga

20 December 2011

Allooh سبحانه وتعالى berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.” Dimana didalam neraka itu terdapat Malaikat yang bengis dan kejam.

Ayat ini, isi beritanya adalah sungguh sangat mengerikan. Mengingatkan sekaligus membekali para pemimpin dalam keluarga tentang apa yang menjadi peran dan tanggung jawab didalam keluarganya. Menjaga keluarga dari api neraka sudah barang tentu dengan membimbing mereka, mendidik mereka, mengarahkan mereka bahkan bila perlu menghukum mereka dengan landasan cinta dan kasih sayang agar mereka tidak berakibat pada disentuhnya oleh api neraka.

Mendidik keluarga dengan berbagai nilai dan pengajaran yang diajarkan dan dituntunkan oleh Syariat Islam adalah menjadi kewajiban bagi setiap pemimpin keluarga. Dia harus berusaha sesadar dan seoptimal mungkin agar keluarganya, didalam keluarganya benar-benar meyakini dan mengamalkan apa yang menjadi syariat Islam. Hal mana akan bukan saja mengakibatkan terwujudnya kebahagiaan batin, kepuasan jiwa, keberkahan hidup, tetapi juga adalah ridho Allooh سبحانه وتعالى.

Namun pendidikan yang dimaksud untuk keluarga ini pada zaman sekarang sungguh sangat banyak rintangan dan tantangannya. Karena itu, maka haruslah dipahami sendi-sendinya, sebagaimana harus dijauhi apa yang menjadi tantangannya.

Simaklah audio ceramah berikut ini.

Download:

Mendidik Keluarga Bagian-1

Mendidik Keluarga Bagian-2

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: