Skip to content

SMS Konsultasi Syari’ah 1326-1350

23 June 2010

SMS KONSULTASI SYARI’AH

No. SMS = 0857- 1075  4300

Asuhan: Ust. ACHMAD ROFI’I, Lc. MM.Pd.

PERIODE = 1430-1431 H / 2010 M

Pertanyaan 1326 – 1350

1326. Number: +62858834XXXXX

Assalamu’alaikum. Ustadz, mau tanya. Ana punya tetangga. Tetangganya itu kalau masuk ke rumah ana sesuka hati, baik melakukan aktiftas di dalamnya, mengambil apa pun tanpa izin. Seringkali ana sebel aja, kayaknya gak punya sopan santun, di rumah orang seenaknya aja. Terus ana harus gimana? Apa marahin karena lancang atau apa? Kejadiannya setiap hari terjadi. Ana sebel, ngerasa gak ikhlas pada apa yang telah dilakukannya di rumah ana. Wassalam, ustadz. Syukron

JAWAB:

Sebenarnya jika ada orang seperti itu, maka dia tergolong jahil. Jahil tentang pergaulan & jahil tentang Dien. Karena secara psikologis, mestinya orang menghargai privacy orang lain sehingga tidak mau menjelajah apa yang bukan wilayah & wewenangnya. Secara Dien, rumah orang adalah Aurot, jadi tidak boleh dimasuki tanpa seizin shohibul bait. Dan barang tidak boleh dipakai tanpa seizinnya. Karena itu coba upayakan baik-baik diberitahu, baik secara langsung maupun tidak langsung, tapi jangan dibiarkan karena itu sama dengan membiarkan kesalahan

Time: 20/06/2010 12:30:23

1327. Number: +62818073XXXXX

Pak Ustadz, kebanyakan pedagang kan kadang sering pergi ke dukun. Terus, apakah uang hasil dagangannya halal apa haram, Pak Ustadz?

JAWAB:

Sebagai seorang yang bertauhid, harusnya haroom datang ke dukun, karena hukumnya syirik. Jika ada orang yang berusaha lalu beruntung, dan meyakini bahwa keuntungannya karena si dukun; maka keberuntungannya itu adalah kerugiannya disisi Allooh. Karena tidak berkah.

Time: 20/06/2010 13:34:50

1328. Number: +62813937XXXXX

Assalamu’alaikum pak ustadz.. Ini hamba Allah di Bekasi, mau tanya. Bolehkah seorang wanita minum sambl berdiri? Dan jika tidak boleh, apa hukuman yang diberikan oleh Allah SWT? Sebelumnya terimakasih atas jawabannya. wassalamu’alaikum wr.wb.

JAWAB:

Laki-laki dan Perempuan, keduanya dilarang minum dan makan sambil berdiri, kecuali jika kondisinya memaksa.

Time: 20/06/2010 12:43:08

1329. Number: +62857279XXXXX

Assalamu’alaikum Pak ustadz. Saya Konik. Saya sudah mau nikah tapi ibu saya sakit, Ustadz. Dan calon suami saya baru kecelaka’an dan Alhamdulillah dia selamat dari maut. Apakah ini tanda kalau Alloh sangat sayang denganku ustadz?

JAWAB:

Benar, karena hidup itu adalah Nikmat. Dan selamat dari maut adalah Nikmat. Semoga rencana nikah anda lancar dan diberkahi.

Time: 20/06/2010 12:52:58

Alhamdulillah, terimakasih ustadz… Dan kemarin hari Selasa, nenek saya meninggal dunia ustadz.. Dan acara nikah saya mau ditunda, tapi kalau ditunda, lebih lama lagi. Lalu kedua keluarga saya dan calon suami saya sepakat untuk memajukan pernikahan, malam 9 apda bulan puasa nanti. Itu hari baik / gak pak ustadz?

JAWAB:

1) Innaa lillaahi wa innaa Illaihi roji’uun, mudah-mudahan nenek Anda meninggal dalam keadaan khusnul khootimah. 2) Bersyukurlah bahwa Anda sebentar lagi segera menikah, walaupun semestinya Anda boleh mengajukan pernikahan lebih cepat dari itu, karena aqad itu mudah dan walimah itu tidak mesti mahal dan megah, 3) Dalam Islam, semua hari itu baik, hanya yang lebih baik dari sepekan itu adalah hari Jum’at.

Time: 23/06/2010 04:35:34

1330. Number: +62813987XXXXX

Assalamu’alaikum, ustadz kalau kita belum bisa aqiqah sampai umur anak lewat 40 hari atau bila sudah berumur dewasa, dosakah orangtuanya dan boleh kah kita aqiqah jika ada rezeki? Syukron

JAWAB:

Aqiqah itu hukumnya tidak Wajib, tapi Sunnah Muakkadah (Sunnah yang Ditekankan). Karena itu, kalau tidak mampu, jangan membebani diri. Gantilah ungkapan syukur dengan yang lain. Dan Aqiqah setelah dewasa tidak disyariatkan & tidak berdosa.

Time: 20/06/2010 12:39:17

1331. Number: +6285681XXXXX

Assalamu’alaykum. Dalam hadits Ibnu Abbas, Rosuulullooh pernah menjama’ sholat tanpa sebab. Apakah diperbolehkan menjama’ sholat apabila seseorang sedang melakukan resepsi pernikahan? Syukron

JAWAB:

Menjama’ sholat memang boleh dilakukan sesekali. Walaupun bukan dalam keadaan safar atau hujan lebat.

Time: 20/06/2010 12:46:01

1332. Number: +62856467XXXXX

Fauzi, Jakarta. Ustadz, saya bekerja di usaha percetakan milik sepupu saya. Bagaimana hukumnya jika mencetak buku LSM dari gereja? Apa nasihat ustadz untuk saya? Terimakasih

JAWAB:

Hendaknya tidak boleh ikut berpartisipasi dan bertolong-tolongan dalam menebar kekufuran, kemungkaran dan kefasikan. Sedang mencetak seperti yang Anda tanyakan adalah bagian dari perkara tersebut.

Time: 23/06/2010 05:20:51

1333. Number: +62813249XXXXX

Bismillah, pak ustadz, ada ikhwan pebisnis jual-beli botol bekas, termsuk botol miras. Hukumnya gimana pa ustadz? Jazzakallooh.

JAWAB:

Botol atau sejenisnya, selama dia tidak najis dan haram, boleh diupayakan dan diberdayakan sebagai usaha yang halal. Adapun miras itu adalah haroom diminum, tetapi dia tidak najis.

Time: 23/06/2010 04:05:05

1334. Number: +62852249XXXXX

Assalamu’alaikum Ustadz, gimana caranya ikhlas menerima suami poligami?

JAWAB:

Hendaknya sebagai seorang muslimah meyakini bahwa Islam dengan berbagai ajarannya, Allooh tetapkan dan Rosuul jabarkan dan contohkan adalah untuk kebaikan manusia hidup kini di dunia dan kelak di akherat. Sedangkan Poligami adalah bagian dari ketetapan Allooh bagi laki-laki. Karena itu, yakinilah dan terimalah, insya Allooh akan membuatmu berkah. Banyak hikmah yang terpendam dalam Poligami, antara lain adalah mengasuh, membimbing dan melindungi para wanita yang kini jumlahnya semakin melonjak, tak berimbang dibanding dengan jumlah laki-laki.

Time: 23/06/2010 04:10:19

1335. Number: +62813198XXXXX

Assalamu’alaikum pak ustadz, apa yang dimaksud Ahlul Bait, siapa saja? Habib termasuk nggak? Terimakasih, wassalam, Barjono Ckr.

JAWAB:

Ahlul Bait artinya adalah orang yang dapat dipastikan secara nasab berasal dari darah keturunan Muhammad Rosuulullooh Saw. Walau pun mengaku Habib, tapi kalau tidak berasal dari nasabnya Rosuul, maka dia bukanlah Ahlul Bait. Bahkan terpenting dari itu (selain harus terbukti darah dan nasabnya bersambung pada Rosuul) adalah cintanya terhadap Rosuul melalui komit dan konsisten dalam berpegang-teguh kepada ajaran Rosuul dalam berbagai sisi kehidupan. Menghidupkan sunnahnya, mengajak manusia padanya dan mempertahankannya.

Hanya perlu diketahui bahwa:

1) istilah Habib yang artinya Kekasih atau yang Dikasihi itu adalah hanya populer, terutama hanya di Indonesia;

2) Istilah Habib ini cenderung memasang kelas antara yang dikasihi dengan yang tidak dikasihi (bukan Habib). Padahal orang yang Allooh kasihi itu adalah orang yang paling bertaqwa, siapa pun dia;

3) Nasab itu (dalam pandangan Islam dan Arab) adalah bila berasal dari laki-laki, sedangkan Rosuul tidak berketurunan laki-laki,

4) Kalau mengaku turunan Rosuul mestinya hanya boleh menerima hadiah, dan tidak boleh menerima shodaqoh/ infak,

5) Tidak boleh mengesankan ingin dimuliakan/ dikultuskan dalam suatu status; karena walaupun demikian seorang muslim itu diajarkan untuk mencintai Ahlul Bait bahkan mendoakan mereka di setiap tasyahud dalam sholat mereka

Time: 23/06/2010 04:19:56

1336. Number: +62813870XXXXX

Kata orang:  Sabar tu ada batasnya! Setuju gak  dan kenapa?

JAWAB:

Yang benar: Sabar itu bukan ada batasnya, Tetapi Sabar pada tempatnya.

Time: 23/06/2010 04:22:11

1337. Number: +62856974XXXXX

Assalamu’alaikum..Ustadz, apakah hukumnya jika seorang perempuan yang menuju tempat kerjanya dengan bareng naik satu motor (berboncengan) dengan teman kerja laki-lakinya yang bukan mahram dengan alasan lokasi kerjanya yang sama dan jauh? Terimakasih

JAWAB:

1) Ingatlah wahai hamba Allooh, bahwa wanita itu tidak wajib bekerja mencari nafkah untuk keluarga,

2) Wanita itu hukum asalnya dalam Islam adalah tinggal di rumah, berkhidmat kepada orangtua/ suami dan anak,

3) Jika wanita itu keluar rumah, haruslah sesuai dengan kaidah yang syar’ie, antara lain: minta izin wali, tidak bersama laki-laki lain yang bukan mahrom, tidak bermakna safar kecuali ditemani walinya.

Time: 23/06/2010 04:25:11

1338. Number: +62858107XXXXX

Assalamu’alaikum wr.wb, pak ustadz saya “Jana” di Bogor!

Ustadz, saya mau minta saran! Saya sedang menginginkan sesuatu, tetapi keluarga saya tidak menberikannya! Sekarang saya sudah 2 minggu tidak bicara dengan Abi saya! Karena saya kesal, saya kesal karena iri dengan kakak saya! Sedangkan kakak saya bila menginginkan sesuatu Abi saya memberikannya! Saya harus gimana ustadz?

JAWAB:

1) Berkeinginan itu adalah boleh-boleh saja, tetapi harus sesuai dengan kemampuan dan keadaan,

2) Tidak boleh iri terhadap siapa pun karena iri itu tercela dalam Islam,

3) Jika orangtua dinilai kurang adil, maka hendaknya lakukan: a) Introspeksi, jangan-jangan ada kekurangan pada diri kita sehingga orangtua tidak simpatik dan lebih simpatik pada saudara kita yang lain; b) Tingkatkan berbuat baik anda pada orangtua; c) Berikan masukan kepada orangtua dengan cara yang hikmah bahwa tidak adil itu dilarang dalam Islam.

Time: 23/06/2010 04:31:26

1339. Number: +62857821XXXXX

Assalamu’alaikum, dari hamba Allah. Saya mau tanya, sebenarnya Maulid Nabi itu ada atau tidak ada? Kalau tidak ada, bagaimna hukum orang yang memperingatinya? Sekian, wassalam

JAWAB:

1) Maulid Nabi dalam artian bahwa Nabi adalah terlahir adalah betul, karena kalau Nabi tidak terlahir maka tentu tidak ada Nabi. Tapi, kalau mengadakan acara dalam rangka memperingati kelahiran Nabi, itu yang tidak ada ajarannya dan tidak dicontohkan oleh Nabi.

2) Karena itu, jika sudah tidak dapat membuktikan bahwa Nabi Saw, para shohabat dan orang shoolih terdahulu tidak mengadakan peringatan terhadap kelahiran Nabi, tapi masih juga melakukannya, berarti telah memaksakan sesuatu yang orang yang lebih baik dari kita saja tidak melakukannya. Kok ada orang yang datang di zaman belakangan, menganggap bahwa itu adalah baik dan merupakan ajaran Nabi. Dan itu adalah sama saja dengan mengada-ada (Bid’ah) dan itu menyelisihi ajaran Nabi.

Time: 23/06/2010 04:40:22

1340. Number: +62857141XXXXX

Assalamu’alaikum Ustadz. Jika untuk akhwat, shalat dzhuhur dilakukan setelah shalat Jum’at atau setelah adzan? Apakah perlu dilakukan Iqamah? Shalat 5 waktu bagi akhwat apakah harus tepat waktu juga? Jazakallah khairan. Windi, Jonggol.

JAWAB:

Kata Rosuul, diantara amalan yang terbaik itu adalah sholat pada waktunya. Karena itu lakukanlah. Bagi akhwat, tidak beda dengan laki-laki dalam hal ini. Hanya saja, karena mereka tidak berjamaah maka boleh untuk sekedar hanya Iqomat.

Adapun bagi akhwat pada hari Jum’at, hendaknya sholat ditunaikan setelah adzan kedua (kalau masjid itu biasa melangsungkan 2X adzan).

Time: 23/06/2010 04:44:08

1341. Number: +62852131XXXXX

Assalaamu’alaikum afwan pak ustadz, bagaimana caranya agar hati ini tenang jika ada orang yang membenci kita dengan cara menggunjing dan bersikap tidak ramah? Syukron

JAWAB:

Yakini bahwa yang memberi manfaat dan madhorot adalah Allooh, dan bahwa manusia itu tidak dapat melakukannya tanpa seizin Allooh. Apalagi jika hal ini justru menggiringnya untuk melakukan maksiyat seperti dengki/ benci dan balas dendam. Bahkan bila perlu, beranikan diri untuk menanyakan kenapa Anda membenci saya, lalu nasehati bahwa itu tidak boleh.

Time: 23/06/2010 04:47:07

1342. Number: +62856945XXXXX

Assalamu’alaikum saya Rusman di Tambun, mau tanya: Sewaktu sholat sunah fajar tiba-tiba ada makmum dibelakang saya 1 orang. Lalu bagaimana niat sholatnya? Dirubah ke sholat subuh atau tetap niat sholat fajar? Lalu bacaannya dikeraskan atau pelan? Syukron, wassalamu’alaikum wr.wb.

JAWAB:

Teruskan sholat Anda dengan niat tetap sholat sunnah, dan tidak perlu dijaharkan. Dan orang yang bermakmum pada Anda juga insya Allooh sah sholatnya.

Time: 23/06/2010 04:49:06

1343. Number: +62813852XXXXX

Assalamu’alaikum. Pak ustadz, bagaimana hukumnya membeli barang-barang selundupan tanpa melalui bea cukai, sedangkan kita mengetahuinya? Syukron.

JAWAB:

Selama barang tersebut bukan barang yang haroom dan bukan barang curian, maka insya Allooh tidak mengapa.

Time: 23/06/2010 04:51:32

1344. Number: +62813425XXXXX

Assalamu’alaikum.. Ustadz, ada seorang Ayah yang sebelum meninggalnya berwasiat kepada anaknya. Kalau ayahnya meninggal, agar dimakamkan di kampung halamannya. Tapi anaknya tidak melaksanakan wasiat itu, karena berpikir di kubur di mana aja sama. Yang penting do’anya. Akan tetapi setelah 2 tahun meninggal ayahnya, sang anak sering bermimpi didatangi ayahnya dengan marah karena wasiatnya tidak dilaksanakan dan menurut khabar yang saya dengar anaknya akan memindahkan kuburan ayahnya ke kampung halamannya. Pertanyaannya, berdosakah sang anak tersebut tidak menjalankan wasiat sang Ayah agar dimakamkan di kampung? Syukron. Mamun, Bekasi.

JAWAB:

Wasiat yang tidak syar’ie tidak wajib ditunaikan. Karena itu wasiat menguburkan di kampung apalagi kampungnya jauh, berbeban kepada ahli waris dan menyulitkan, tidak lah wajib dipenuhi oleh ahli warisnya. Adapun mimpi itu adalah bisa jadi dari beban fikiran si anak, atau bisa jadi itu jin yang menyerupai bentuk ayahnya.

Time: 23/06/2010 04:56:14

1345. Number: +62856922XXXXX

Assalamu’alaikum pak ustadz saya mau tanya: Apakah flek kekuningan yang tersambung setelah haid termasuk sisa haid? Ini terjadi setiap bulan. Jadi saya mandi junub setelah melihat lendir putih / tidak ada flek kuning di celana dalam saya (afwan).. Mohon balasannya.. syukron info blognya… Sangat bermanfaat .

JAWAB:

Jika flek kuning / putih itu merupakan kebiasaan yang biasa ada di setiap hari, maka bisa jadi itu adalah keputihan dan bukan Haid. Segeralah lakukan terapi. Tetapi jika flek kekuningan itu hanya ada pada kebiasaan di setiap akhir haid, maka itu adalah penutup haid. Lakukan mandi junub, setelah flek itu hilang.

Time: 23/06/2010 04:58:19

1346. Number: +62858142XXXXX

Ustadz, apa itu Syi”ah dan Shufi?? Apa mereka termasuk ahlissunah?

JAWAB:

Syi’ah adalah golongan orang yang mengaku ummat Rosuul tetapi meyakini bahwa Al Qur’an yang ada adalah 1/3 dari Al Qur’an yang mereka yakini. Mereka membenci bahkan mengkafirkan para shohabat, termasuk khulafaaurrosyidiin.

Adapun Shufi, tidak ada beda dengan Syi’ah, dari sisi bahwa ajaran ini lahir beratus-ratus tahun setelah Rosuul meninggal.

Jadi dua golongan ini bukan golongan ahlussunnah wal jama’ah dan tidak berhak untuk diikuti.

Time: 23/06/2010 05:12:45

1347. Number: +62813425XXXXX

Assalamu’alaikum. Barakallohu fiik, semoga Antum tidak bosan membalas sms ana. Ana mau tanya:

1. Apa yang terjadi, pada seorang muslim setelah meninggalnya sampai hari kiamat?

2. Bagaimana cara mengendalikan marah dan sabar dalam menghadapi masalah?

3. Apa hukumnya KB? Samakah denga Azl?

Syukron. Dari ikhwan M di Bekasi.

JAWAB:

1) Merasakan nikmat kubur/ adzab kubur, 2) Yakini bahwa setiap masalah ada pemecahannya dan tidak mesti saat ketika marah. Oleh karena itu latihlah diri dalam mengendalikan emosi, sembari berharap kepada Allooh agar Allooh memberikan jalan keluar, 3) KB itu kalau tidak bermakna membatasi kelahiran maka boleh. Azl adalah bagian dari cara KB.

Time: 23/06/2010 05:16:45

1348. Number: +62852803XXXXX

Assalamu’alaikum pak ustadz, boleh gak kita pulang mudik pada hari Ju’mat pagi sampai kita gak Jum’atan terus diganti dengan sholat dzuhur?

JAWAB:

Sebaiknya kita tidak menyengaja pergi pada pagi Jum’at kecuali jika keadaan sangat mendesak. Jika terjadi, maka musafir tidak sholat Jum’at tetapi sholat dzuhur.

Time: 23/06/2010 05:16:44

1349. Number: 085619XXXXX

Assalamu’alaikum Pak Ustadz, saya Sudrajat. Saya lahir hari Senen tgl 13-05-1991. Kira-kira menurut pak ustadz, saya harus kerja sama orang lain atau buka usaha sendiri? Pak Ustadz, saya ini orang susah. Kadang saya suka nangis kalau lihat ibu kerja keras, saya suka berpikir, coba kalau saya bikin ibu saya bahagia. Yang saya pengen pak ustadz, cuma satu. Saya pengen lihat ibu bahagia, ibu saya seneng.. itu aja.. Saya gak mau lihat ibu sedih, susah. Tapi gimana caranya pak ustadz. Saya belum kerja. Saya pusing, tiap hari cuma bisa nangis pak ustadz. Saya berpikir kalau saya gak bisa bikin ibu bahagia, lebih baik saya mati pak ustadz. Saya ikhlas, ridho, pak ustadz. Yang penting, saya lihat ibu saya selalu tersenyum bahagia pak ustadz. Pak ustadz kenapa sih.. banyak banget coba’an yang Alloh berikan pada saya.. Pak ustadz, saya harus gimana?

JAWAB:

Subhaanallooh, terpuji sekali Anda. Begitu besar keinginan untuk berbakti pada orangtua, dalam bentuk menyenangkannya. Tetapi Ustadz sarankan, agar Anda tidak boleh berkecil hati, putus asa, apalagi buruk sangka terhadap Allooh dengan banyaknya ujian yang Anda alami selama ini. Usia Anda relatif masih muda, karena itu rubahlah nasib Anda dengan berupaya meningkatkan kualitas diri melalui keterampilan yang memungkinkan bagi Anda berkembang. Latihlah diri menjadi orang yang terampil. Bangun rasa percaya diri. Carilah pekerjaan, sebab bekerja untuk meraih rizqi adalah lebih baik daripada meratapi nasib, meminta-minta atau bahkan merugikan orang lain. Mintalah doa pada orangtua Anda, disamping Anda sendiri memohon kepada Allooh. Tingkatkanlah ibadah Anda kepada Allooh dengan benar. Kokohkan keyakinan Anda yang lurus. Insya Allooh, Allooh tidak mendzolimi hamba-Nya yang mengabdi kepada-Nya dan berusaha merubah nasibnya.

Time: 23/06/2010 06:33:28

1350. Number: +62857807XXXXX

Assalamu’alaikum wr.wb. Dari Budiyanto, Pondok Ungu. Pak ustadz.. bagaimana cara bersuci bagi orang yang sakit berat! Bergerakpun gak bisa. Seperti kecelakaan, misalnya.

JAWAB:

Bertaqwalah pada Allooh sejauh kemampuan. Dengan cara tayammum atau semampunya.

Time: 23/06/2010 05:18:50

Advertisements
2 Comments leave one →
  1. 23 June 2010 8:00 pm

    Assalamualaikum,afwan ustadz… apakah anak punya hak melarang orang tua menjual hartanya dgn alasan nanti anak cucunya juga butuh padahal bagian anak2 sdh di berikan, mohon solusinya. Syukron.

    • 20 July 2010 5:37 pm

      Wa ‘alaikumussalaam, anak memberi masukan dan pertimbangan kepada orangtua dibolehkan. Tetapi tidak punya hak untuk melarang, apalagi hak anak sebagaimana dinyatakan tadi dianggap sudah cukup. Ada pun cucu, maka sesungguhnya secara waris pun adalah kewajiban para anak, bukan kewajiban kakek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: