Skip to content

SMS Konsultasi Syari’ah 701-725

4 June 2010

SMS KONSULTASI SYARI’AH

No. SMS = 0857- 1075  4300

Asuhan: Ust. ACHMAD ROFI’I, Lc. MM.Pd.

PERIODE = 1430-1431 H / 2010 M

Pertanyaan 701 – 725

701. Number: 021945XXXXX

Asslm.Wr.Wb. Ustadz saya ini santri, saya mau minta pendapat dari Ustadz. Saya dalam menjalankan hidup ini terasa tersiksa, gimana menurut Ustadz. Sekarang saya lagi istirahat di rumah, saya baru 1 th belajar di pondok

JAWAB: MEMPROSES DIRI MENJADI ORG ALIIM & SHOLIIH ITU DIPERLUKAN WAKTU YG LAMA, KEMAUAN YG BESAR, USAHA YG GIGIH & PEMBIASAAN YG TERATUR

Time: 17/02/2010 02:47:26

702. Number: 0815139XXXXX

Asslmkum Ustadz, saya masih kurang jelas kalau wanita pada saat haid tidak boleh membaca Al Qur’an. Sebelumnya saya pernah dengar di Dakta dibolehkan, mohon dijelaskan ulang Ustadz

JAWAB: BOLEH, ASALKAN TDK MEMBACA MUSHAF YG UTUH AWAL HINGGA AKHIRNYA BERBAHASA ARAB

Time: 17/02/2010 02:46:02

703. Number: 0857232XXXXX

Asslmkum, ini Toni dari kota B. Kalo istri lagi haid, aku bersetubuh, hukumnya bagaimana ya? Terimaksh Ustadz, Wasslmkum, tolong balas ya

JAWAB: HAROOM

Time: 17/02/2010 02:44:40

704. Number: 0858102XXXXX

1) Pak, dulu saya pernah waktu sholat kok saya merasa gak ada Allooh di depan saya, kenapa ya pak? Tapi saya tetap sholat rajin, tapi dalam hati saya kadang-kadang lagi sholat merasa Allooh di depan saya tidak ada, tapi sekarang sih sudah mendingan, apakah karena dosa yang ada dalam diri saya terlalu banyak ya pak. 

2)  Iya Pak, saya jadi harus bagaimana biar dapat ampun dari Allooh, saya merasa Allooh sekarang jauh dari saya. Hati saya ga pernah tentram, bertemu dengan orang saya pun malu, saya maunya mengurung diri di rumah, saya sekarang sholat sambil berdzikir, untuk menenangkan hati saya. 

3) Pak saya kan rindu dengan anak saya. Saya pengen denger apa anak saya baik2 aja, terus saya telp suami saya, karena saya mau tahu keadaan anak saya saja. Apakah saya berdosa pak Ustadz?

JAWAB: 1) BERILMU LAH DG BENAR TTG KEISLAMAN INI, NISCAYA AKAN MEMBERI ISI DLM IBADAH, 2) BERUSAHALAH MELAKUKAN TATA CARA SHOLAT DG BAIK & BENAR AGAR KHUSYU, 3) JANGAN IKUTI BISIKAN & WAS-WAS SYEITAN, 4) BOLEH TELP SEPERLUNYA

Time: 17/02/2010 02:43:03

705. Number: +62857116XXXXX

Assalamu’alaikum ustad, saya mau tanya kalo mencukur ketiak hukumnya apa?

JAWAB: SUNNAH, SEBAIKNYA DICABUT

Time: 17/02/2010 02:36:23

706. Number: +62813823XXXXX

Assalamu’alaikum warahmatullohi wabarakatu, siang pak ustadz saya dari pak Sono, saya mau tanya bagaimana hukumnya bila seseorang yang telah menikah tapi sebelum pernikahan sudah terjadi pembuahan? Dan bagaimana haditsnya? Terimakasih, Wassalam

JAWAB: 1) HRS BERTAUBAT KEDUA-DUANYA, 2) ULANGI AKAD NIKAHNYA SETLH LAHIR

Time: 17/02/2010 02:35:59

707. Number: +62857105XXXXX

Ustadz ALHAMDULILLAH saat ini saya sedang mengandung anak pertama, usia kandungan saya baru berusia jalan 2 bln, amalan2 apa saja yang perlu saya lakukan dan doa apa agar anak saya menjadi anak yang sholeh/ sholehah? Jazaakallah ustad.

JAWAB: PERBANYAK DOA, HINDARKAN MAKANAN MINUMAN HAROOM, PERDENGARKAN MUROTTAL AL QURAN PD JANINMU

Time: 17/02/2010 02:34:45

708. Number: +62857118XXXXX

Assalamu’alaikum wr wb. pak ustadz kalau shalat subuh doa Qunut kalau dibaca hukumnya apa?

JAWAB: MEMBACA SESUATU YG TIDK DIAJARKAN ROSUUL

Time: 17/02/2010 02:33:39

709. Number: 021929XXXXX

Assalamu’alaikum ustadz. Dari Jaya – Bekasi. Tentang yang sakit kencing, karena belum sembuh juga, apa boleh bertayamum untuk sholatnya? Lalu apa boleh yang sholat jama’, kedua sholatnya tsb yang jama’ bermakmum ke imam yang bukan sedang sholat jama’

JAWAB: 1) BOLEH KALO WUDHU MENYEBABKAN MEMPERPARAH/ MEMPERLAMA/ MEMPERSAKIT, 2) BOLEH

Time: 17/02/2010 02:32:54

710. Number: +62819129XXXXX

Asslmkm pak ustadz, saya pernah pengajian tapi dengan di baiat oleh pimpinannya. Apakah di islam sekarang harus  ada pimpinan dan dihadits apa ada tuntunannya, katanya kalo belum bersumpah nggak diterima amalannya 

JAWAB: PIMPINAN KAUM MUSLIMIN HARUS ADA, BAI’AT BELUM PERLU. UST KHAWATIR BHW PENGAJIAN YG ANDA IKUTI ITU BERPAHAM SALAH. SEGERA TINGGALKAN & IKUTI YG SESUAI SUNNAH ROSUUL SAJA

Time: 17/02/2010 02:29:57

711. Number: +6285690XXXXX

Assalamu’alaikum Ustadz, saya Amirudin di Kraji Bekasi, saya mau tanya, kalo mandi junub/ wudlu di kamar mandi, baca niatnya kan tidak boleh di lafadzkan, terus bacanya dalam hati, itu sah gak Ustadz, mohon penjelasannya.Treimaksih 

JAWAB: INSYA ALLOOH SAH

Time: 17/02/2010 02:27:56

712. Number: +62819011XXXXX

Assalamu’alaikum pak ustadz, aku mau tanya gimana biar jadi orang yang sabar menerima cobaan hidup dan penuh dengan keikhlasan

JAWAB: 1) BERBAIK SANGKALAH PD ALLOOH, 2) BELUM TENTU MUSIBAH YG MENIMPA ITU ADALAH KEBENCIAN ALLOOH, BAHKAN BISA JADI UJIAN ITU BENTUK CINTA ALLOOH

Time: 17/02/2010 02:27:12

713. Number: +62812180XXXXX

Assalamu’alaikum… Ustadz ana mau tanya. Benarkah ada hadist yang menyatakan….

”Seburuk-buruknya mahluk, yan berada di dalam penjara”?

JAWAB: TIDAK BENAR. TIDAK SEMUA ORG YG DI PENJARA ITU SALAH & TDK SEMUA ORG YG BEBAS ITU BENAR

Time: 17/02/2010 02:25:49

714. Number: +62813193XXXXX

Asslm…mau tanya lagi ustadz, waktu bayi lahir apa ada tuntunan bayi di-adzanin ?  Apa ada doa2 khusus dari Rosululloh ? Mohon penjelasan! Fajri

JAWAB: BOLEH DIADZANI & BOLEH DIDOAKAN

Time: 17/02/2010 02:24:49

715. Number: +6285617XXXXX

Assalamu’alaikum. Pak ustadz, istri saya mau melahirkan. Apa saja yang harus dilakukan seorang ayah kepada bayinya, selain meng-adzani. Wassalam.

JAWAB: TAHNIK, MENYIAPKAN NAMA, MEMBOTAKI KEPALA BAYI PD HR KE-7, AQIQAH

Time: 17/02/2010 02:24:02

716. Number: +62858104XXXXX

Assalamu’alaikum. Apakah hukum isbal bagi kaum laki2?

JAWAB: HAROOM

Time: 17/02/2010 02:22:57

717. Number: +6289892XXXXX

Assalamu’alaikum. Apakah hukum nyanyian nasyid dalam islam apabila menggunakan alat musik?

JAWAB: KALAU BEGITU MAKA TDK ADA BEDANYA DG MUSIK & NYANYI. SAMA2 HAROOM

Time: 17/02/2010 02:22:38

718. Number: +62857255XXXXX

السلام عليكم

Saya Is di Bekasi. Pak ustadz berhubung pertanyaan saya belum terjawab pada pembahasaan masalah junub di Dakta FM, Saya tanyakan lagi.

Apakah benar selama haid/ nifas dilarang potong kuku & rambut yang rontok harus dimandikan saat junub? Mohon kesudiannya. Terima kasih

JAWAB: TIDAK BENAR

Time: 17/02/2010 02:21:37

719. Number: +6281613XXXXX

Asslm pak mau tanya. Kalo saya dalam perjalanan sholat jama’ takhir. Berarti belum sholat maghrib. Apa kita boleh ikut isya berjama’ah abis itu baru maghrib sendiri, Boleh gak? 

JAWAB: MAGHRIB DULU BARU ISYA

Time: 17/02/2010 02:20:47

720. Number: +62815851XXXXX

Pak ustadz saya mau tanya, kalo mandi wajib untuk shalat jum’at di pagi hari boleh ga, soalnya saya kerja dari pagi sampe malam, tolong penjelasannya pa ustad. Terimakasih 

JAWAB: BOLEH, DARIPADA TIDAK

Time: 17/02/2010 02:20:11

721. Number: +62878827XXXXX

Saya Iin. Ustad saya pernah bekerja di satu tempat yang disitu terdapat binatang anjing. Saya pernah diendus oleh binatang itu dan saya takut pernah menginjak air liur tanpa saya sengaja tapi tidak langsng saya sucikan pada waktu itu. Tapi kejadianya sudah sangat lama. Apa masih bisa disucikan? Terimakasih.

JAWAB: ISTIGHFAR SAJA & JANGAN ULANGI LAGI

Time: 17/02/2010 02:19:28

722. Number: +62858810XXXXX

Asslmkm wr.wb, pak ustadz saya lagi bimbang mohon diberi petunjuk, istri saya jadi TKW di Arab dia ngaku ngelakuin sama orang lain. Saya harus bagaimana. Dari Wahid di kota K.

JAWAB: ITULAH SEBABNYA MENCEGAH ITU LBH BAIK DRPD PENGOBATAN. JANGAN BIARKAN ISTRIMU BEKERJA DI NEGARA ORG, KRN SEBGMN ENGKAU “LAPAR”, DIAPUN JG BS “LAPAR”

Time: 17/02/2010 02:18:50

723. Number: +62852339XXXXX

Assalamu’alaikum, kalo kita sholat jama’ah jadi imam kemudian setelah salam, kita baru ingat bahwa kita sedang junub dan belum mandi, apakah imam dan makmumnya tadi harus mengulang sholatnya, atau imamnya saja..jazakallah

JAWAB: ULANGI SEMUA, KRN SHOLAT TDK SAH

Time: 17/02/2010 02:16:51

724. Number: +62857185XXXXX

Assalamu’alaikum pak ustadz ini dengan Linda di Bekasi, saya mau nanya, aku kan kerja. Aku dapet majikan orang Cina,nah majikanku tuh punya anak kecil, misalnya aku sudah wudhu, eh dipegang anaknya, gimana hukumnya?

JAWAB: TIDAK APA2

Time: 17/02/2010 02:15:17

725. Number: 021977XXXXX

Asslmkm ustadz. Seberat apa ujian saat hijrah? Kenapa ada yang mudah tapi ada yang berat sekali? Dibenci kanan kiri. Rizki juga sempit sekali.

JAWAB: JANGAN TANYA KENAPA, TP SADARILAH BHW UJIAN ITU ADLH TEMPAAN ALLOOH, UTK MENGUJI: TEGUHKAH ANDA/ TDK. SEMAKIN BESAR TINGKAT KESULITAN, MAKIN BESAR PAHALA DISISI ALLOOH

Time: 17/02/2010 02:14:41

 

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: